Bisnis Rental Mobil - Pesatnya perkembangan pariwisata memacu tingginya permintaan akan jasa rental mobil, inilah yang menjadi peluang tersendiri bagi pengusaha jasa rental sebagai sumber pundi-pundi rupiah yang menguntungkan.

Tips Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil

Tips dan Cara Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil
Banyak jasa rental mobil yang menjamur di berbagi kota-kota Indonesia. Misalnya saja kalau kita lihat betapa pesatnya pekembangan tempat sewa mobil solo dan jogja. Mungkin ini karena kedua kota tersebut memiliki deretan tempat wisata yang banyak diminati wisatawan loka maupun dari manca negara.

Terlepas dari ketatnya persaingan bisnis relal mobil, buat Anda yang baru atau berencana untuk terjun dalam dunia bisnis ini. Coba simak beberapa cara dan tips dalam memulai bisnis rental mobil dengan modal minim seperti ulasan kami di bawah ini.

Gunakan Mobil yang Paling Banyak Peminatnya

Saat memutuskan untuk terjun dalam bisnis rental mobil, artinya Anda harus memiliki armada atau mobil yang akan direntalkan. Namun sebelum membeli mobil untuk disewakan, pilihlah jenis mobil yang saat ini banyak diminati khususnya di wilayah Anda sendiri.

Saat ini, jenis mobil  rental yang paling banyak diminati masyarakat diantanya Xenia, Avanza, Innova, Gran Max, Expander dan lain sebagainya. Setelah menentukan mobil yang ingin Anda beli, salnjutnya buatlan prilicelist untuk menentukan harga sewa mobil berdasarkan tipenya.

Hati-Hati Memebeli Mobil Bekas

Walau dari segi harga mobil bekas jauh lebih murah dari pada Anda harus membeli yang baru, namun untuk urusan rental mobil, hindari pembelian mobil bekas.

Ada banyak pertimbangan kenapa Anda harus membeli mobil baru dibandingkan dengan mobil bekas. Pertama, dari segi kualitas dan kondisi mobil tentu mobil baru lebih bagus dan performancenya lebih oke. Sedangkan resiko membeli mobil bekas untuk dijadikan armada yang direntalkan nantinya, bisa-bisa ada "cacat" yang mungkin tidak nampak dengan mata, misalnya kondisi mesin yang diakali dsb.

Bukan hanya itu, dengan membeli mobil baru juga mengurangi biaya perawatan. Perawatan mobil baru tentu saja lebih murah dari pada dengan mobil bekas, lagi-lagi Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan mobil bekas.

Syarat & Ketentuan Sewa Mobil

Sudah menjadi hal biasa jika setiap rental mobil memiliki kebijakan dan persyaratan masing-masing. Bisnis rental mobil adalah jenis bisnis dengan tingkat risiko yang cukup besar, misalnya kehilangan mobil atau mobil yang tidak dikembalikan oleh penyewanya.

Guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan, Anda harus memiliki peraturan bisnis atau syarat dan ketentuan dalam menyewa mobil di rental yang Anda miliki. Beberapa persyarata misalnya setiap penyewa wakib meninggalkan KTP, SIM, Paspor atau identitas lain, Anda juga dapat membuatlah surat perjanjian sewa mobil dengan ditandatangani oleh pelanggan. Jangan lupa untuk memasang GPS dalam mobil guna mendeteksi lokasi mobil rental Anda.

Daftarkan Mobil ke Perusahaan Asuransi

Seperti yang sempat disinggungh di atas, bisnis rental mobil memiliki risiko yang cukup tinggi, selain dapat kehilangan mobil namun ada risiko lain yang bisa terjadi misalnya kecelakaan yang menjadikan mobil Anda rusak,bencana alam dll.

Nah, untuk meminimalisir risiko ini, Anda dapat menggunakan asuransi untuk mobil yang Anda sewakan. Jika sudah mendaftarkan ke perusahaan asuransi, saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan tadi maka biaya kerusakaan yanag dialami oleh mobil Anda akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Promosikan Bisnis Rental Mobil

Hampir setiap bisnis butuh yang namanya promosi, tidak terkecuali bisnis rental mobil yang Anda miliki. Agar usaha jasa sewa mobil yang Anda miliki dapat dikenal oleh masyarakat luas khususnya di wilayah Anda sendiri, strategi promosi bisnis perlu Anda terapkan.

Promosi disini ada banyak caranya, mulai dari yang sederhana misalnya dengan memasarkannya ke orang terdekat hingga yang lebih bagus lagi adalah dengan memanfaatkan internet.

Salah satu promosi dengan internet yang cukup populer adalah dengan social media seperti facebook dan instagram. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda juga bisa membuat website dan mengiklankannya. Anda juga dapat bekerja sama dengan hotel atau instansi dsb.

Baca Juga : Tips Usaha Catering Rumahan Penghasilan Lebih dari Katoran

Nah demikian yang dapat kami bagikan mengenai Tips dan Cara Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin memulai bisnis persewaan mobil.