Cara Memulai Usaha Catering Rumahan Penghasilan Lebih dari Katoran

Usaha Catering Rumahan mungkin bagi sebagian orang dianggap remeh. Namun tahukah Anda, bisnis catering memiliki prospek yang sangat bagus, banyak pemilik usaha catering rumahan yang memiliki penghasilan jauh dari pendapatan kantoran.

Apa itu Bisnis Catering?

Cara Memulai Usaha Catering Rumahan Penghasilan Lebih dari Katoran
Menu Usaha Catering Rumahan
Bisnis Catering atau juga dikenal dengan "Jasa Boga" merupakan bentuk dari wirausaha yang melayani pemesanan masakan (makanan dan minuman) baik untuk berbagai acara, misalnya saja acara pesta atau penunjang kebutuhan suatu instansi seperti konsumsi untuk acara pemerinta dll.

Saat ini, jasa catering tersebar di berbagai kota yang di Indoneisa, baik usaha skala kecil seperti usaha catering rumahan maupun yang sudah berbentuk badan usaha.

Menjamurnya jasa catering bukan tanpa alasan, banyaknya permintaan akan jasa ini membuat banyak orang berbondong bongong untuk membuka usaha catering. Bayangkan saja, walau usaha catering skala kecil, keuntungannya bisa mencapai jutaan rupiah. Apalagi bisnis catering besar yang menghandle acara-acara penting seperti catering pernikahan maupun vendor catering event.

Persiapan Awal Memulai Usaha Catering Rumahan Agar Sukses

Cara Memulai Usaha Catering Rumahan Penghasilan Lebih dari Katoran

Langkah pertama yang harus Anda persiapkan saat akan memulai usaha katering rumahan adalah modal. Namun, jangan pernah melihat nominal kecil atau besarnya jumlah modal yang saat ini Anda miliki. Dalam artian, jangan Anda takut untuk memulai usaha catering walau modal masih minim.

Keahlian dalam mekasak, manajemen bisnis yang baik, kerja keras dan keyakinan Anda untuk memulai untuk membuka jasa catering rumahan adalah hal yang paling penting untuk sukses memiliki jasa catering.

Alternatif modal yang minil adalah dengan cara memanfaatkan teman-teman atau kerabat terdekat guna mendapatkan tambahan modal terlebih dahulu, misalnya dengan cara kerja sama atau bentuk lainnya.

Asah terus skill memasak Anda guna memiliki cita rasa yang khas sehingga menu catering yang Anda tawarkan dapat diterima olah masyarakat di sekitar tempat Anda, jika terus berkembang, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat usaha catering rumahan yang Anda mulai saat ini menjadi salah satu yang paling laku di kota Anda.

Saat mengasah kemampuan memasak, cobalah untuk meminta pendapat dari teman-teman atau kerabat Anda tentang bagaimana rasa masakan yang telah Anda buat.

Mintalah mereka untuk memberikan masukan agar dapat meningkatkan kualitas masakan, dengan begitu Anda dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dari cara memasak.

Cobalah untuk mempromosikan hasil masakan Anda, misalnya dengan cara memberikan sampel atau contoh masakan catering kepada orang-orang disekitar yang Anda kenal.

Lankah berikutnya adalah dengan merancang menu catering rumahan yang Anda minilik. Anda dapat membuat daftar paket menu catering sebagai prist list dari usaha catering Anda.

Anda dapat menentukan harga cara memperhitungkan biaya produksi dan harga jual menu catering yang Anda buat. Misalnya saja untuk catering nasi kotak bisa dipatok dengan harga 10rb - 20rb per porsi tergantung dari harga pasaran catering di daerah Anda.

Cara dan Strategi Pemasaran Catering Rumahan


Setelah semua tahapan dalam memulai usaha bisnis catering rumahan sudah Anda lakukan, saatnya untuk menyusun strategi pemasaran bisnis catering Anda.

Jaman teknologi seperti saat ini dapat memudahkan semua orang dalam mengembangkan bisnisnya, misalnya dengan cara memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter, website atau media lainnya.

Jika memiliki modal lebih, Anda dapat menggunakan jasa buzzer atau agency social media marketing untuk mengiklankan bisnis catering rumahan yang Anda miliki.

Anda juga dapat meminta teman-teman dan kerabat Anda untuk membantu mempromosikan layanan catering rumahan. Mintalah mereka untuk mempromosikan usaha Anda baik secara mulut ke mulut maupun share di sosial media.

Management Usaha Catering Rumahan


Guna mengembangkan dan meningkatkan usaha catering Anda, beberapa point penting yang harus ditipertimbangkan adalah management waktu dan pelayanan.

Anda harus profesional saat menerima pesanan catering, misalnya saja soal ketepatan waktu maupun bentuk pelayanan yang ramah serta cobalah untuk mendekati pelanggan Anda.

Tidak lupa pula adalah kualitas masakan yang harus dipertahankan dan ditingkatkan agar usaha catering rumahan yang Anda miliki dapat diterima di hati masyarakat.

Saat pelanggan puas dengan layanan dan masakan catering Anda, maka sudah barang terntu usaha katering rumahan yang sudah Anda rintis akan semakin berkembang dan semakin banyak orang.

Sebab melakukan usaha katering tidak melulu soal enak tidaknya menu yang disajikan, namun kepercayaan dari para konsumen inilah yang sangat penting untuk Anda raih.

Mengembangkan Usaha Catering Rumahan


Saat bisnis catering Anda berjalan dengan lancar dan dari waktu ke waktu semakin diminati masyarakat, Anda dapat mengembangkan bisnis tersebut dengan lebih besar.

Cara untuk menjadi catering profesional yang awalnya hanya sebatas catering rumahan adalah dengan mengaplikasikan management yang baik.

Selanjutnya, Anda dapat membuat badan usaha catering rumahan yang Anda miliki, misalnya saja berupa CV atau bahkan bisa berbentuk PT.

Saat sudah memiliki badan usaha sendiri, tentu saja kredibilitas bisnis catering Anda akan meningkat dan dengan demikian, Anda dapat lebih dikenal dan dipercaya oleh masyarakat.

Saat sudah memiliki badan usaha catering, Anda bisa merekrut lebih banyak lagi karyawan untuk membantu Anda dalam meningkatkan usaha catering. Semuanya harus sistematis dan dengan management yang baik.

Demikian yang dapat kami bagikan tentang tips dan Cara Memulai Usaha Catering Rumahan Penghasilan Lebih dari Katoran. Semoga dapat menginspirasi khususnya bagi Anda yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis catering.

Post a Comment

0 Comments